Pada Konten Blog kali ini saya akan membahas
pengamatan saya terhadap website di bidang Komputasi Modern. Dan disini saya
memakai salah satu website perusahaan dibidang fashion milik Indonesia yang
sudah mendunia yaitu www.buccheri.com. Saya akan mengamati dan menjelaskan pada setiap
halaman web dan kemudian memberikan penilaian pada setiap halaman tersebut.
A.
BUCCHERI INDONESIA
Buccheri adalah Brand Indonesia yang Disangka Brand Luar Negeri. Produk-produk dari Buccheri adalah Sepatu dan Tas Kulit. Diproduksi mulai tahun 1980 melalui PT. Vigano Cipta Perdana, banyak orang tak menyangka bahwa merek besutan Ediansyah ini merupakan produk asli buatan Indonesia.
Mayoritas pemakai sepatu dan tas kulit menyangka bahwa Buccheri adalah buatan Italia. Tak heran, dari namanya memang bernuansa luar negeri Hebatnya lagi, produk Buccheri sudah masuk menjadi salah satu dari puluhan brand dunia yang berasal dari Indonesia. Smart Buyer (Pembeli yang pintar/cerdas) pasti akan memilih belanja produk asli Indonesia yang kualitasnya bahkan sudah mendunia.
B. Pengamatan & Penganalisaan Website
1. Halaman Indeks
Mayoritas pemakai sepatu dan tas kulit menyangka bahwa Buccheri adalah buatan Italia. Tak heran, dari namanya memang bernuansa luar negeri Hebatnya lagi, produk Buccheri sudah masuk menjadi salah satu dari puluhan brand dunia yang berasal dari Indonesia. Smart Buyer (Pembeli yang pintar/cerdas) pasti akan memilih belanja produk asli Indonesia yang kualitasnya bahkan sudah mendunia.
B. Pengamatan & Penganalisaan Website
1. Halaman Indeks
Gambar diatas yaitu adalah tampilan halaman
awal atau Indeks dari Website Buccheri. Pada halaman awal ini yang kita lihat
terdapat 5 Navbar yaitu Collection, Women, Men, Accessories dan Sale. Ada juga disampingnya terdapat
Cari
Produk yang gunanya adalah untuk mencari suatu barang yang kita
inginkan. Diatas itu ada terdapat Konfirmasi Pembayaran yang
gunanyanya adalah untuk mengurus pembayaran bila kita sudah dalam proses
pembelian barang. Ada Sign In dan Sign Up yang kita tahu gunanya masing – masing yaitu adalah
yang pertama untuk masuk sebagai user terdaftar dan yang kedua adalah untuk mendaftar
untuk menjadi user baru. Ditengah halaman terdapat Image Slider yang berubah
ubah setiap 3 detik sekali, dan pada bagian kanan bawah ada Leave
Message yaitu untuk meninggalkan pesan pada pihak buccheri secara live.
2.
Menu Collection
Bila cursor kita arahkan ke menu Collection
maka Navbar akan menampilkan 2 pilihan menu yaitu BC Buccheri yang artinya
koleksi sepatu perempuan Bermerk Buccheri langsung dan Signature yaitu adalah
koleksi sepatu Laki - laki Bermerk Buccheri langsung.
3.
Tampilan Halaman BC Buccheri & Signature
Pada halaman BC Buccheri dan Signature terdapat banyak Button,
yaitu :
Ø yang pertama ada Ukuran yaitu adalah penentuan pencarian ukuran pada sepatu – sepatu
yang terdapat di Buccheri.
Ø Kedua, ada Kategori yaitu adalah menu yang sama dengan Navbar diatas.
Ø Ketiga, yaitu Warna yaitu adalah penentuan
warna sepatu yang akan dicari oleh User.
Ø Ada Harga
yaitu adalah pembatasan pencarian harga sepatu yang ada di buccheri.
Ø Dibagian atas kanan terdapat Produk Terbaru yaitu adalah penyortiran
harga dari sepatu – sepatu yang ada di buccheri.
Bila kita klik salah satu sepatu yang ada di
Buccheri Store ini maka akan terbuka halaman baru lagi yang seperti gambar
dibawah ini :
Di
halaman website dihalaman sebelumnya telah ditampilkan gambar halaman website
yang dimana bila kita klik salah satu sepatu maka akan akan terbuka halaman
baru lagi, dan disini saya akan menjelaskan setiap detil halamannya :
Ø Yang pertama, gambar utama yaitu adalah gambar
pertama sepatu dari beberapa pilihan gambar yang disediakan.
Ø Dibagian kanannya ada seri dari sepatu
tersebut, yang dibawahnya disertai dengan sedikit penjelasan bahan dari sepatu
tersebut.
Ø Dibawahnya ada pilihan warna dari sepatu yang
ada dihalaman tersebut.
Ø Ada pilihan ukuran dari sepatu.
Ø Dibawah lagi ada click button yang pertama
pilihan mau berapa pasang sepatu yang dibeli, Tambahkan ke Keranjang yang artinya barang yang ada di halaman
tersebut akan dibeli oleh user dan Tambahkan
ke Wishlist yang artinya adalah barang yang ada dihalaman tersebut akan
disimpan oleh user jadi ketika user sudah mempunya budget untuk membeli sepatu
tersebut maka user bias melihatnya dengan gampang di Wishlist.
Ø Ada kode dari sepatu dihalaman tersebut.
Ø Kategori dari sepatu di halaman website.
Ø Ada icon Facebook
dan Twitter, yang artinya sepatu tersebut bias di share melalui media
social yang telah disediakan oleh pihak Buccheri.
Ø Ada 2 navbar yaitu Material yaitu adalah penjelasan secara detil tentang sepatu
tersebut. Dan Size Guide yaitu
adalah penjelasan perbedaan ukuran sepatu luar negeri dengan Indonesia.
4.
Tampilan Women (Navbar)
Pada tampilan kali ini sama seperti navbar
Collection hanya saja ini lebih banyak pilihannya tetapi barang – barangnya
saja yang lebih bervariasi.
5.
Tampilan Men (Navbar)
Sama
seperti sebelumnya sama seperti collection namun lebih banyak pilihan item dan
terdapat pilihan New Arrival yang
artinya yaitu barang – barang yang baru saja masuk ke dalam took dan Sale yaitu suatu barang yang sudah
dipotong harganya.
6.
Tampilan Menu Accessoris
Tampilan pada menu accessoris kurang
memadai hanya terdapat menu Sale saja tidak terdapat menu tas atau accessori
pada umumnya.
7.
Tampilan Menu SALE
Pada menu sale seharusnya terdapat
barang – barang yang sedang dipotong harganya namun Karena bukan sedang season
liburan maka tidak ada barang yang di cuci Gudang.
8.
Tampilan Konfirmasi Pembayaran
Pada tampilan halaman terdapar 5
text box kosong, yaitu :
Ø No. order adalah nomor urut pembeli pada
barang yang dibeki
Ø 2 icon button BCA atau Mandiri
Ø Jumlah yang Dibayar, yaitu duit yang
ditransfer untuk pihak buccheri
Ø Tanggal pembayaran sudah tahu.
Ø Nama Rekening Program, dan nama email
pengirim.
Ø Ada berupa check box dibawahnya yang
bertuliskan “Im Not a Robot” yang artinya pembeli tidak boleh bot atau pemesan
secara otomatis.
Ø Dan paling bawah ada Click Box yang
bertuliskan KIRIM.
9.
Tampilan SIGN IN
Pada
halaman SIGN IN terdapat 2 buah Text box yang dimana user harus memasukan
terlebih dahulu Email dan Password dan kemudian bila sudah dapat menekan click
boc bertuliskan LOGIN. Tapi bila user melupakan password user bisa mendapatkan
bantuan berupa tulisan “Lupa Password ?”.
10. Tampilan
SIGN UP / Register
Pada
tampilan halaman Register kita mendapatkan berupa 3 text box yaitu untuk memasukan
Email Address kita, Password dan Re-Entered Password itu semua adalah syarat –
syarat pembuatan akun baru pada buccheri, tidak lupa dengan check box yang
sama. Dan click box SIGN UP yaitu untuk mendaftarkan diri ke website Buccheri.
11. Tampilan
Bagian bawah Website
Pada
bagian bawah website banyak berupa tulisan – tulisan kecil yang dibagi menjadi
4 bagian, ada Follow Us yaitu adalah media social yang dimiliki oleh pihak
buccheri, Informasi yaitu informasi tentang buccheri itu sendiri,
Bantuan yaitu berupa bantuan untuk pengroprasian website dan aturan –
aturan yang terkait dengan buccheri, dan yang terakhir
Navigasi yaitu tulisan yang sama dengan Navbar diatas.
Ø Follow Us
Yaitu adalah 2
buah icon yaitu Facebook dan Instagram dan bila di klik maka akan berpindah ke
media social buccheri yang akan menampilkan catalog dari produk – produk
buccheri.
Ø Informasi
Di informasi ada
4 tulisan yang unik, dan disini saya akan menjelaskannya satu – persatu dengan
rinci :
a. Tentang Kami
Tentang kami
adalah berupa penjelasan secara rinci tentang Buccheri store mulai dari sejarah
sampai gerai – gerai yang dibukanya diseluruh dunia.
b. Journal
Journal adalah
jurnal – jurnal yang terkait dengan buccheri yang dimana ada misalkan “koper –
koper yang bisa dipakai dalam keadaan apapun” atau “tas – tas berkualitas
tinggi yang berharga murah”.
c. Hubungi kami
Yaitu adalah
halaman yang menampilkan detil kontak yang dimiliki oleh pihak buccheri. Dari
mulai email, nomor telfon dan alamat gerai pusat dari buccheri store.
d. Stores
Halaman ini
adalah halaman berupa tampilan lokasi – lokasi gerai dari buccheri diseluruh
Indonesia yang terintergrasi dengan pihak Google Maps.
Ø Bantuan
Yaitu berupa pilihan bantuan – bantuan yang
ada di website ini, ada 3 bantuan yaitu :
a. Track Order
Yaitu adalah untuk melacak pesanan anda bila
terjadi keterlambatan pembelian melalui website ini.
b. F.A.Q.
Yaitu berupa bantuan – bantuan
pengoprasian website dari www.buccheri.com ini bila terjadinya kesusahan dari
pengoprasiannya maka bisa mengandalkan F.A.Q.
c. Terms & Condition
Yaitu adalah
aturan – aturan pembelian, syarat – syarat pengembalian barang pada website
buccheri.com ini,
C.
Analisa Website
a. Website Terbukti aman dengan adanya s pada HTTPnya. Atau HyperText Transfer Protocol Secure.
b. Memiliki fitur dan tampilan warna yang menarik.
c. Memberikan informasi detail mengenai produk,
kontak, lokasi dan proses transaksi belanja online
kepada pelanggan.
d. Dapat berkirim pesan dari pelanggan ke pihak
langsung Buccheri Store.
a. Website kurang terintergrasi dengan store di
Indonesia sehingga informasi SALE kurang terinformasi dengan baik.
b. Yang kita tahu buccheri itu adalah store yang
memasarkan sepatu dan tas tetapi website ini tidak memiliki catalog untuk tas.
c. Ukuran teks dari website ini kurang besar
menjadikan user yang memakai handphone mungkin akan kesusahan membaca tulisan –
tulisan yang tersedia di website ini.
d. Ini adalah website yang dibuat untuk seluruh
dunia tapi tidak bahasa yang dicantumkan kurang banyak seharusnya bahasa Arabic
dan Mandarin juga harus dimasukan oleh pihak website www.Buccheri.com.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar