Rabu, 29 Maret 2017

REVIEW WEBSITE BUCCHERI PERUSAHAAN YANG MENGGUNAKAN KONSEP KOMPUTASI MODERN

Pada Konten Blog kali ini saya akan membahas pengamatan saya terhadap website di bidang Komputasi Modern. Dan disini saya memakai salah satu website perusahaan dibidang fashion milik Indonesia yang sudah mendunia yaitu www.buccheri.com. Saya akan mengamati dan menjelaskan pada setiap halaman web dan kemudian memberikan penilaian pada setiap halaman tersebut.

A.     BUCCHERI INDONESIA

     Buccheri adalah Brand Indonesia yang Disangka Brand Luar Negeri. Produk-produk dari Buccheri adalah Sepatu dan Tas Kulit. Diproduksi mulai tahun 1980 melalui PT. Vigano Cipta Perdana, banyak orang tak menyangka bahwa merek besutan Ediansyah ini merupakan produk asli buatan Indonesia.

     Mayoritas pemakai sepatu dan tas kulit menyangka bahwa Buccheri adalah buatan Italia. Tak heran, dari namanya memang bernuansa luar negeri Hebatnya lagi, produk Buccheri sudah masuk menjadi salah satu dari puluhan brand dunia yang berasal dari Indonesia. Smart Buyer (Pembeli yang pintar/cerdas) pasti akan memilih belanja produk asli Indonesia yang kualitasnya bahkan sudah mendunia.


B.     Pengamatan & Penganalisaan Website
                1. Halaman Indeks


Gambar diatas yaitu adalah tampilan halaman awal atau Indeks dari Website Buccheri. Pada halaman awal ini yang kita lihat terdapat 5 Navbar yaitu Collection, Women, Men, Accessories dan Sale. Ada juga disampingnya terdapat Cari Produk yang gunanya adalah untuk mencari suatu barang yang kita inginkan. Diatas itu ada terdapat Konfirmasi Pembayaran yang gunanyanya adalah untuk mengurus pembayaran bila kita sudah dalam proses pembelian barang. Ada Sign In dan Sign Up yang kita tahu gunanya masing – masing yaitu adalah yang pertama untuk masuk sebagai user terdaftar dan yang kedua adalah untuk mendaftar untuk menjadi user baru. Ditengah halaman terdapat Image Slider yang berubah ubah setiap 3 detik sekali, dan pada bagian kanan bawah ada Leave Message yaitu untuk meninggalkan pesan pada pihak buccheri secara live.

2.      Menu Collection


Bila cursor kita arahkan ke menu Collection maka Navbar akan menampilkan 2 pilihan menu yaitu BC Buccheri yang artinya koleksi sepatu perempuan Bermerk Buccheri langsung dan Signature yaitu adalah koleksi sepatu Laki - laki Bermerk Buccheri langsung.

3.      Tampilan Halaman BC Buccheri & Signature



Pada halaman BC Buccheri dan Signature terdapat banyak Button, yaitu :
Ø  yang pertama ada Ukuran yaitu adalah penentuan pencarian ukuran pada sepatu – sepatu yang terdapat di Buccheri.
Ø  Kedua, ada Kategori yaitu adalah menu yang sama dengan Navbar diatas.
Ø  Ketiga, yaitu Warna  yaitu adalah penentuan warna sepatu yang akan dicari oleh User.
Ø  Ada Harga yaitu adalah pembatasan pencarian harga sepatu yang ada di buccheri.
Ø  Dibagian atas kanan terdapat Produk Terbaru yaitu adalah penyortiran harga dari sepatu – sepatu yang ada di buccheri.
Bila kita klik salah satu sepatu yang ada di Buccheri Store ini maka akan terbuka halaman baru lagi yang seperti gambar dibawah ini :


Di halaman website dihalaman sebelumnya telah ditampilkan gambar halaman website yang dimana bila kita klik salah satu sepatu maka akan akan terbuka halaman baru lagi, dan disini saya akan menjelaskan setiap detil halamannya :
Ø  Yang pertama, gambar utama yaitu adalah gambar pertama sepatu dari beberapa pilihan gambar yang disediakan.
Ø  Dibagian kanannya ada seri dari sepatu tersebut, yang dibawahnya disertai dengan sedikit penjelasan bahan dari sepatu tersebut.
Ø  Dibawahnya ada pilihan warna dari sepatu yang ada dihalaman tersebut.
Ø  Ada pilihan ukuran dari sepatu.
Ø  Dibawah lagi ada click button yang pertama pilihan mau berapa pasang sepatu yang dibeli, Tambahkan ke Keranjang yang artinya barang yang ada di halaman tersebut akan dibeli oleh user dan Tambahkan ke Wishlist yang artinya adalah barang yang ada dihalaman tersebut akan disimpan oleh user jadi ketika user sudah mempunya budget untuk membeli sepatu tersebut maka user bias melihatnya dengan gampang di Wishlist.
Ø  Ada kode dari sepatu dihalaman tersebut.
Ø  Kategori dari sepatu di halaman website.
Ø  Ada icon Facebook dan Twitter, yang artinya sepatu tersebut bias di share melalui media social yang telah disediakan oleh pihak Buccheri.
Ø  Ada 2 navbar yaitu Material yaitu adalah penjelasan secara detil tentang sepatu tersebut. Dan Size Guide yaitu adalah penjelasan perbedaan ukuran sepatu luar negeri dengan Indonesia.

4.      Tampilan Women (Navbar)


Pada tampilan kali ini sama seperti navbar Collection hanya saja ini lebih banyak pilihannya tetapi barang – barangnya saja yang lebih bervariasi.

5.      Tampilan Men (Navbar)



            Sama seperti sebelumnya sama seperti collection namun lebih banyak pilihan item dan terdapat pilihan New Arrival yang artinya yaitu barang – barang yang baru saja masuk ke dalam took dan Sale yaitu suatu barang yang sudah dipotong harganya.

6.      Tampilan Menu Accessoris



            Tampilan pada menu accessoris kurang memadai hanya terdapat menu Sale saja tidak terdapat menu tas atau accessori pada umumnya.

7.      Tampilan Menu SALE



            Pada menu sale seharusnya terdapat barang – barang yang sedang dipotong harganya namun Karena bukan sedang season liburan maka tidak ada barang yang di cuci Gudang.

8.      Tampilan Konfirmasi Pembayaran


            Pada tampilan halaman terdapar 5 text box kosong, yaitu :
Ø  No. order adalah nomor urut pembeli pada barang yang dibeki
Ø  2 icon button BCA atau Mandiri
Ø  Jumlah yang Dibayar, yaitu duit yang ditransfer untuk pihak buccheri
Ø  Tanggal pembayaran sudah tahu.
Ø  Nama Rekening Program, dan nama email pengirim.
Ø  Ada berupa check box dibawahnya yang bertuliskan “Im Not a Robot” yang artinya pembeli tidak boleh bot atau pemesan secara otomatis.
Ø  Dan paling bawah ada Click Box yang bertuliskan KIRIM.

9.      Tampilan SIGN IN


            Pada halaman SIGN IN terdapat 2 buah Text box yang dimana user harus memasukan terlebih dahulu Email dan Password dan kemudian bila sudah dapat menekan click boc bertuliskan LOGIN. Tapi bila user melupakan password user bisa mendapatkan bantuan berupa tulisan “Lupa Password ?”.

10.  Tampilan SIGN UP / Register


            Pada tampilan halaman Register kita mendapatkan berupa 3 text box yaitu untuk memasukan Email Address kita, Password dan Re-Entered Password itu semua adalah syarat – syarat pembuatan akun baru pada buccheri, tidak lupa dengan check box yang sama. Dan click box SIGN UP yaitu untuk mendaftarkan diri ke website Buccheri.

11.  Tampilan Bagian bawah Website


            Pada bagian bawah website banyak berupa tulisan – tulisan kecil yang dibagi menjadi 4 bagian, ada Follow Us yaitu adalah media social yang dimiliki oleh pihak buccheri, Informasi yaitu informasi tentang buccheri itu sendiri, Bantuan yaitu berupa bantuan untuk pengroprasian website dan aturan – aturan yang terkait dengan buccheri, dan yang terakhir Navigasi yaitu tulisan yang sama dengan Navbar diatas.
Ø  Follow Us


Yaitu adalah 2 buah icon yaitu Facebook dan Instagram dan bila di klik maka akan berpindah ke media social buccheri yang akan menampilkan catalog dari produk – produk buccheri.

Ø  Informasi
Di informasi ada 4 tulisan yang unik, dan disini saya akan menjelaskannya satu – persatu dengan rinci :
a.      Tentang Kami


Tentang kami adalah berupa penjelasan secara rinci tentang Buccheri store mulai dari sejarah sampai gerai – gerai yang dibukanya diseluruh dunia.

b.      Journal


Journal adalah jurnal – jurnal yang terkait dengan buccheri yang dimana ada misalkan “koper – koper yang bisa dipakai dalam keadaan apapun” atau “tas – tas berkualitas tinggi yang berharga murah”.
  
c.       Hubungi kami


Yaitu adalah halaman yang menampilkan detil kontak yang dimiliki oleh pihak buccheri. Dari mulai email, nomor telfon dan alamat gerai pusat dari buccheri store.

d.      Stores


Halaman ini adalah halaman berupa tampilan lokasi – lokasi gerai dari buccheri diseluruh Indonesia yang terintergrasi dengan pihak Google Maps.
  
Ø  Bantuan
Yaitu berupa pilihan bantuan – bantuan yang ada di website ini, ada 3 bantuan yaitu :
a.      Track Order


Yaitu adalah untuk melacak pesanan anda bila terjadi keterlambatan pembelian melalui website ini.

b.      F.A.Q.


            Yaitu berupa bantuan – bantuan pengoprasian website dari www.buccheri.com ini bila terjadinya kesusahan dari pengoprasiannya maka bisa mengandalkan F.A.Q.

c.       Terms & Condition


Yaitu adalah aturan – aturan pembelian, syarat – syarat pengembalian barang pada website buccheri.com ini,

C.      Analisa Website
A.      Kelebihan dari Website www.buccheri.com :
a.  Website Terbukti aman dengan adanya s pada HTTPnya. Atau HyperText Transfer Protocol Secure.
b.      Memiliki fitur dan tampilan warna yang menarik.
c.   Memberikan informasi detail mengenai produk, kontak, lokasi dan proses transaksi belanja online kepada pelanggan.
d.      Dapat berkirim pesan dari pelanggan ke pihak langsung Buccheri Store.

B.      Kelemahan dari Website www.buccheri.com :

a.  Website kurang terintergrasi dengan store di Indonesia sehingga informasi SALE kurang terinformasi dengan baik.
b.    Yang kita tahu buccheri itu adalah store yang memasarkan sepatu dan tas tetapi website ini tidak memiliki catalog untuk tas.
c.       Ukuran teks dari website ini kurang besar menjadikan user yang memakai handphone mungkin akan kesusahan membaca tulisan – tulisan yang tersedia di website ini.

d.    Ini adalah website yang dibuat untuk seluruh dunia tapi tidak bahasa yang dicantumkan kurang banyak seharusnya bahasa Arabic dan Mandarin juga harus dimasukan oleh pihak website www.Buccheri.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar