Selasa, 30 Juni 2015

METODE PENGUKURAN KINERJA WEB

Penelitian ini berbentuk studi kasus dan metode penelitiannya bersifat deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan penyebaran angketdaftar pertanyaan ke sejumlah responden yang dipilih berdasarkan kemampuan dan relevandengan pekerjaan mereka. Semua jawaban responden dapat dipertanggungjawabkankebenarannya. Total responden berjumlah 13 orang, yang terdiri dari Asistant Manager,Accounting, Supervisor, Marketing Manager, Operasional Manager dan Executive (masing-masing 1 orang), beserta staff (5 orang), dan Customer Service (2 orang). Untuk pengukurankinerja aplikasinya menggunakan metode IT Balanced Scorecard. Metode IT BalancedScorecard terdiri dari perspektif kontribusi organisasi, perspektif orientasi pengguna, perspektif keunggulan operasional,dan perspektif orientasi masa depan.

Pengukuran ini diawali dengan melakukan penyelarasan (penyesuaian) visi, misi,strategi perusahaan dan divisi IT (Information Technology). Kegiatan ini untuk mengetahuitujuan sebenarnya dalam melakukan perencanaan jangka panjang terhadap semua proses bisnis. Selanjutnya mendeskripsikan isi dari strategi divisi IT dengan masing-masing perspektif IT Balanced Scorecard ke dalam diagram hubungan sebab akibat, agar memahami secara spesifik tujuan yang akan dicapai. Kemudian melakukan proses perhitungan IT Balanced Scorecard. Kemudian melanjutkan proses pengukuran kinerja aplikasi WBS tersebut. Berikutnya untuk semua nilai dari hasil pengukuran tersebut dimasukan kedalam tabel pengukuran kinerja agar dapat dijadikan rekomendasi atau masukan untuk melakukan perbaikan, mempertahankan dan meningkatkan kinerja serta investasi di waktu mendatang.

Mekanisme perhitungan untuk masing-masing perspektif diawali dengan penentuannilai sasaran strategis untuk setiap komponen yang dinilai pada bagian ukuran strategis. Nilaisasaran strategis ini berasal dari wawancara dengan pihak manajemen (eksekutif). Untuk nilaikondisi aktual diperoleh dari perhitungan sebagai berikut: total dari perkalian antara jumlahresponden yang menjawab ‘ya’ atau ‘tidak’ dengan nilai bobot. Nilai bobot ‘ya’ adalah 2 dan‘tidak’ adalah 1. Kemudian nilai total tersebut dibagi dengan jumlah responden. Kemudian nilai total tersebut di kalikan 50% (50% karena skala ada 2, maka 100%:2). Selanjutnya untukmendapatkan nilai pencapaiannya adalah nilai hasil perkalian tersebut dibagi dengan sasaranstrategis dan dijadikan dalam bentuk persentase. Untuk menghitung hasil pembobotan tujuanstrategis menggunakan perumusan sbb: (1) Bobot = nilai bobot bersumber dari pihakmanajemen perbankan, (2) Hasil Tujuan = (Hasil Ukuran/100) x Bobot, (3) Hasil Ukuran = Hasil rata-rata pencapaian dari pengolahan data dari masing-masing perspektif IT Balanced Scorecard, (4) Total merupakan hasil persentase dari masing-masing perspektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar